Senin, 26 Maret 2012

7 Cara Menghilangkan Jenuh Dikantor


1. Terapi Musik


Musik bisa membantu mengatasi kejenuhan dan stres. Pilihlah musik atau lagu kesukaan Anda. Kemudian dengarkan dan nikmati musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau seusai pulang kantor untuk menghilangkan rasa penat. Putarlah musik selama 10-30 menit. Agar lebih rileks, pilih jenis musik yang tidak terlalu keras.


2. Manfaatkan Waktu Makan Siang untuk “Penyegaran”


Hentikan semua pekerjaan saat jam makan siang tiba. Karena, waktu makan siang merupakan saat yang paling tepat bagi Anda yang telah setengah hari bekerja untuk mengisi perut sambil beristirahat sejenak. Manfaatkan waktu makan siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat di kantor. Bicarakan hal-hal ringan untuk mengembalikan kesegaran pikiran Anda. Sehingga saat kembali ke kantor, Anda sudah siap dengan energi dan semangat baru.


3. Berpikir Positif


Belajarlah untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi dan menyikapi segala permasalahan. Misalnya ketika atasan marah-marah pada Anda, bukan berarti ia sentimen atas hasil kerja Anda. Cobalah berpikir bahwa si bos sedang memberi masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja Anda di kemudian hari.


4. Istirahat


Setiap jam atau setiap menyelesaikan suatu tugas, sebaiknya istirahat selama 5 menit. Tinggalkan meja kerja dan hirup udara segar atau sekadar menyeduh segelas teh untuk menghangatkan tubuh. Bila keadaan memaksa Anda terbelenggu di meja kerja, gunakan waktu 5 menit hanya sekadar menutup mata selama beberapa detik.


5. Bersyukur


Seringkali kita terfokus pada kekurangan-kekurangan yang ada di perusahaan tempat kita bekerja. Hindarilah mengeluh renungkan dan syukurilah segala aspek positif yang kita dapatkan. Misalnya dengan membayangkan orang lain yang tidak seberuntung kita karena tidak mempunyai pekerjaan.


6. Lakukan Hal yang Baru


Kalau biasanya kita monoton saja, cobalah melakukan perubahaan baru setiap hari atau setiap minggunya. Seperti mengganti gaya penampilan kita ke kantor dengan gaya yang lebih fashionable. Atau menata meja kerja kita dengan menghiasnya dengan elemen-elemen yang kita sukai.


7. Lebih Kreatif


Jangan hanya menunggu perintah-perintah dari atasan. Tapi perluaslah wawasan dan galilah ide-ide cemerlangmu. Buka wawasan dengan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu baik atasan, rekan kerja, bawahan, atau pekerja lain meskipun bukan satu divisi denganmu. Banyak hal yang bisa kamu gali dan pelajari dari mereka untuk menambah wawasanmu.


Semoga berhasil :)